Lagu Sendu Mengingatkan Kenangan Masa Lalu

by adm

Lagu yang sendu seringkali mengingatkan seseorang akan kenangan masa lalunya ketika mendengarkan lirik lagu tersebut. Lagu bernada sedih atau sendu acapkali berkaitan dengan perasaan orang terhadap pengalaman kisah cintanya yang tak seindah seperti mereka harapkan. Apalagi bila sedang patah hati maka hati rasanya seperti di iris sembilu, perih dan pedih mengingat bekas pacar yang telah pergi meninggalkan cinta untuk selamanya dan tak mungkin akan kembali lagi. Ambil contoh sebuah lirik lagu dari band lawas tempo dulu yaitu Koes Plus dengan lagu Kisah Sedih di Hari Minggu yang mengisahkan perasaan kesedihan oleh karena si kekasih pergi tanpa pernah kembali ke pelukan kembali.

Sabtu malam ku sendiri
Tiada teman ku nanti
Di sekitar ku lihat diam
Tiada seindah dulu

Mungkinkah ini berarti
Aku tlah patah hati
Walaupun ku berkata bukan
Bukan itu

Ref: Penyesalanpun makin dalam dan sedih
Tlah ku serahkan semua mimpi dan hidupku
Aku tak mau menderita begini
Mudah-mudahan ini hanya mimpi, hanya mimpi

Kisah sedih di hari Minggu
Yang slalu menyiksaku
Ku takut ini kan ku bawa
Sampai mati
(kembali ke Ref.)

Dalam syair dan lirik lagu kenangan Indonesia ciptaan Koes Plus di atas, kita melihat bagaimana kelompok musik tersebut amat sederhana menggambarkan bagaimana perasaannya saat menyadari bahwa kekasih hati yang dicintai setengah mati telah meninggalkannya. Sebuah ungkapan perasaan kesedihan mengingat segala sesuatu yang berharga yang dimiliki telah diberikan kepada sang kekasih namun akhirnya cintanya kandas di tengah jalan.

Lagu kenangan lawas itu juga memiliki makna tidak adanya keabadian di dunia ini, perselingkuhan yang mungkin pada waktu itu istilah tersebut belum dikenal. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa jalan asmara/kehidupan seseorang tidaklah sama persis seperti apa yang diimpikan karena setiap manusia tak dapat mengetahui nasibnya di waktu yang akan datang.

Lewat syair lirik lagu Koes Plus itu, para pendengar diajak untuk bernostalgia dengan kisah percintaan mereka yang kandas di tengah perjalanan dan sekaligus juga mengajak kepada semua orang untuk selalu berusaha waspada dalam menjaga hubungan dengan kekasihnya. Tak perlu memberikan semua yang “berharga” kepada kekasih walau bagaimanapun rasa cinta terhadap seseorang sebab bila hal itu dilakukan maka akibat yang ditanggung akan menjadi semakin berat bila tak dapat membangun sebuah ikatan suci dalam pernikahan. Berpacaran secara wajar dan menjaga norma agama akan sangat membantu setiap orang di Indonesia menemukan cinta sejatinya. Tak ada kenangan pahit bila tidak sampai ke mahligai pernikahan. Lagu Koes Plus yang satu ini memang sangat menyanyat hati sekaligus enak untuk didengarkan bila ingin mengingat kenangan masa lalu yang kelabu.

Yang Populer

Previous post:

Next post:

*
deLagu.com - Lagu Kenangan Lawas Indonesia